Jawaban Nazwa

Leave a Comment

Morning Meeting

Morning meeting adalah sebuah kegiatan sebelum KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dimulai. Pada waktu inilah saya sebagai wali kelas mengumpulkan anak-anak di kelas, mengecek kedisiplinan mereka, menenyai mereka sudah sholat Dhuha belum? Sudah sarapan belum? Dan lain-lian. Intinya, tugas seorang wali kelas ketika morning meeting adalah untuk mengkondisikan agar anak-anak siap untuk menerima materi pada pelajaran yang sebentar lagi akan dilaksanakan.
 
shalat dhuha
Ilustrasi Shalat Dhuha
Ketika pertamakali menerapkan shalat Dhuha, banyak sekali anak-anak yang belum shalat. Kemudian seiring berjalanannya waktu murid yang tidak shalat dhuha semakin sedikit. Jika waktu masih memungkinkan, maka saya akan menyuruh murid yang belum shalat Dhuha untuk shalat Dhuha ketika itu juga.

Suatu hari, ada seorang murid akhwat (perempuan) yang tidak shalat Dhuha, namanya Nazwa. Karena penasaran, saya pun bertanya kepadanya “kenapa Nazwa belum shalat?”, dengan entenngnya dia berkata:


“Abisnya kemarin Nazwa sudah shalat tapi gak ditanya sama Pak Abeng”


Yassalaaam. Ada-ada aja nih kelakukuan murid saya, masa dia tidak shalat Dhuha hanya karena saya lupa nanya dia udah shalat belum kemarin?

Saya langsung reflek ketawa mendengar jawaban Nazwa. Kemudian setelah kondisi kelas lebih kondusif saya berkata “Shalat itu diri sendiri, supaya diberikan pahala dan kemudahan dalam belajar oleh Allah. Bukan untuk pak Abeng, paham yah Nazwa?”. Nazwa hanya nyengir kuda.

Tapi beberapa lama kemudan saya bertanya kepada diri saya sendiri. Apakah selama ini saya shalat Dhuha benar-benar hanya karena Allah ta’ala? Atau hanya karena ingin memberikan contoh kepada anak-anak saja? Kalau saja saya tidak menjadi wali kelas, akankah saya tetap melaksanakan shalat Dhuha? Allahu’alam

Saya menjadi malu terhadap diri sendiri, saya malu menertawakan Nazwa yang dengan jujur menjawab pertanyaan saya, padahal saya sendiri mungkin akan menjawab hal yang sama jika ditanyakan hal yang serupa (jika jujur).

Oh ternyata seperti inilah menjadi guru, terkadang saya hanya mengajar dan mengajar saja. Padahal, tugas saya bukan hanya mengajar, tapi juga untuk belajar. Hari ini, saya mendapatkan pelajara yang luar biasa dari Nazwa. Semoga Nazwa senantiasa dilindungi Allah SWT dan selalu menjadi kebanggaan umi abinya. Amiin.

Sekian, semoga bermanfaat.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Tanri Alim. Diberdayakan oleh Blogger.