Self Injury (Menyakiti Diri Sendiri)

cutter
Cutter, biasa digunakan untuk melukai diri sendiri

Bismillahirrahmanirrahim, pada posting kali ini saya akan membahas tentang self injury atau melukai diri sendiri. Sebelum saya menulis artikel tentang self injury ini saya terlebih dahulu telah membaca beberapa artikel di internet. Nah sekarang saya akan menyampaikan kembali apa yang telah saya baca tentang self injury.

Self injury atau melukai diri sendiri adalah sebuah kelainan psikologis yang kebanyakan diderita oleh remaja. Kenapa remaja? Mungkin karena mereka masih labil dan lebih rentan galau. Bagian badan yang biasa mereka lukai antara lain kaki, tangan dan bagian atas dada. Adapun barang yang digunakan untuk melukai dirinya bermacam-macam, ada yang menggunakan pisau, gunting, silet, pecahan kaca atau benda tajam lainnya. Mengerikan bukan?

Penyebab Self Injury

Sebenarnya ada dua jenis self injury yang ditemukan di lapangan. Pertama adalah mereka yang melakukan self injury karena ingin mendapatkan perhatian lebih dari seseorang, biasanya mereka melukai dirinya sendiri kemudian menampakan luka tersebut kepada orang yang dia harapkan perhatian lebih darinya. Yang kedua adalah mereka yang melakukan self injury dan tidak memberitahu kepada siapapun, mereka cenderung menyembunyikan lukanya dan biasanya mereka sangat pandai untuk melakukan hal itu.

Untuk kasus yang kedua ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti stress, tekanan hidup, sedang menghadapi masalah besar, cinta, pertemanan dan lain-lain. Mereka melukai dirinya sendiri agar mereka bisa melupakan masalahnya dengan merasakan rasa sakit dari lukanya. Bahanya, bagi mereka rasa sakit dari luka jauh lebih nikmat daripada masalah yang dialaminya. Parahnya lagi, mereka akan merasa ketagihan sehingga cukup sulit untuk menyembuhkan ornag yang sering melakukan self injury.

Menyembuhkan Self Injury

Setiap masalah pasti punya solusi, begitu juga dengan self injury. Langkah pertama yang harus kita lakukan ketika menemukan teman atau saudara yang sering melakukan self injury adalah ‘tidak membiarkan mereka sendirian’, memberikan perhatian lebih dan menjauhkan mereka dari benda yang biasa mereka gunakan untuk melukai dirinya sendiri.
Langkah selanjutnya adalah dengan menghubungi ahli psikologi atau biasa disebut psikoklog. Dengan meminta bantuan psikolog masalah akan menjadi lebih jelas dan cara untuk menyembuhkannya lebih terperinci. Namun demikian, kelainan psikologi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat disembuhkan. Oleh karena itu, selain berusaha kita juga tidak boleh melupakan do’a kepada Allah SWT.

Untuk kamu yang sering melakukan self injury

Saya memang bukan siapa-siapa, saya bahkan tidak kenal kamu dan tidak tahu kenapa kamu sering melukai dirimu sendiri. Tapi percayalah! Tidak ada seorangpun dari orang-orang yang kamu sayangi yang ingin kamu melukai dirimu sendiri. Dan saya yakin, kamu pasti punya sesuatu yang ingin kamu lakukan. Oleh karena itu, jauhilah benda dan tempat untuk melukai dirimu sendiri, kemudian pergilah ke tempat yang ingin kamu datangi.

Sekian, terimakasih.

Self Injury (Menyakiti Diri Sendiri)